Wednesday, December 18, 2013

ALIRAN-ALIRAN DALAM ISLAM

BAB IV

ALIRAN-ALIRAN DALAM ISLAM
A. Sejarah munculnya aliran dalam Islam
Sejarah munculnya aliran Islam disebabkan oleh aspek politik daripada unsur agama, hal ini bisa dilihat dari pertentangan ketika pergantian kholifah Utsman bin Affan ke Ali bin Abi Thalib

B. Macam-macam aliran dalam Islam
  • KHAWARIJ = Aliran ini berpandangan bahwa orang yang berbuat dosa besar adalah kafir dan dianggap murtad (keluar Isalam) sehingga wajib dibunuh.
  • MURJIAH=Aliran ini berpandangan bahwa orang  (Muslim) yang berbuat dosa besar tetap mukmin dan bukan kafir. Dosa besar yang telah diperbuat diserahkan kepada Allah SWT, apakah diampuni atau tidak.
  • MUKTAZILAH=Aliran ini berpandangan bahwa orang (Muslim) yang berbuat dosa besar bukan mukmin dan bukan kafir, orang tersebut disebut dengan istilah al-manzilah baina al-manzilatain (posisi di antara kedua posisi antara mukmin dan kafir.
  • QADARIYAH=Aliran ini menganggap manusia memiliki kemerdekaan dalam kehendak (free will) dan kemerdekaan dalam berbuat (free act)
  • JABARIYAH=Aliran ini menganggap manusia tidak memiliki kemerdekaan dalam berkehendak maupun berbuat. Segala tingkah laku manusia adalah kehendak Allah SWT.
  • AHLUSSUNNAH WALJAMAAH=Aliran ini merupakan golongan yang menganut ajaran agama Islam secara murni sebagaimana yang telah diajarkan dan diamalkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya.
C. Hikmah adanya aliran-aliran dalam Islam
  1. Mengetahui secara mendalam tentang sejarah awal aliran-aliran Islam
  2. Memantapkan faham ahli sunnah waljama’ah bagi warga nadliyin
  3. Meskipun berbeda aliran, seharusnya kita tetap menghormati

0 komentar:

Post a Comment